Pondok pesantren adalah salah satu
jenis sarana pendidikan yang ada di indonesia. Kelahiran pondok pesantren di tanah
air, tidak dapat dipisahkan dari sejarah masuknya Islam ke Indonesia dan Wali
Songo. Kehadiran pondok pesantren sampai saat ini menjadi kebanggaan tersendiri
bagi umat Islam. Pada awal berdirinya, pondok pesantren umumnya sangat
sederhana. Sistem yang lazim digunakan dalam proses pembelajaran adalah
wetonan, sorogan dan bandongan.ketiga sisitem tersebutlah yang digunakan
sebagai sistem pendidikan dalam pondok pesantren salaf.
Pondok pesantren salaf adalah pondok
pesantren tradisional yang ada di Indonesia.sistem pendidikan di pesantren ini
masih sangat tradisional sehinggah jika dilihat dari kacamata era sekarang,
pondok pesantren adalah sarana pendidikan yang sistem pembelajarannya
ketinggalan zaman. sehingga menimbulkan pemikiran para orang tua era sekarang
yang menganut era globalisasi akan berfikir beberapa kali untuk menempatkan
anaknya pada sebuah pesantren.
Maka,
sejak 1970-an bersamaan dengan program modernisasi pondok pesantren, mulai
membuka diri untuk mempelajari pelajaran umum. Pada mulanya, tujuan utama
pondok pesantren adalah menyiapkan santri untuk mendalami ilmu pengetahuan
agama (tafaqqul fi al-din). Dalam perkembangan berikutnya, sebuah pesantren
disebut salaf selagi terdapat sistem pendidikan di atas (tradisional dan
klasikal) walaupun dikombinasikan dengan pendidikan formal (MI, MTS, MA, dst)
yang mengikuti kurikulum Kemdikbud atau Kemenag. Seperti Pondok Pesantre
Al-Khoirot ,malang.maka di sini sistem yang dianut oleh pesantren adalah sistem
salafi juga sisitem modern.
Tuntutan globalisasi tidak mungkin dihindari. Salah satu
langkah yang bijak adalah mempersiapkan pesantren tidak “ketinggalan kereta”
agar tidak kalah dalam persaingan. tuntutan modernisasi dan globalisasi
mengharuskan ulama memiliki kemampuan lebih, kapasitas intelektual yang
memadai, wawasan, akses pengetahuan dan informasi yang cukup serta responsif
terhadap perkembangan dan perubahan. Juga sarana yang memadai bahkan secanggih
mungkin bisa dimiliki oleh pesantren
tersebut. maka di sinilah bukti bahwa pesantren telah mengalami modernisasi.
Pondok pesantren mendatang adalah pondok pesantren yang
telah menentukan pilihan formatnya pada keilmuan alam.hal ini dicermati dari
karakteristk umat islam serta lecenderungan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi pada masa yang akan datang. Sebagaimana yang dikemukakan oleh
Christoper j. Lucas, “pesantren menyimpan kekuatan yang sangat luar biasa untuk
menciptakan keseluruhan aspek lingkungan hidup dan dapat memberi informasi yang
berharga dalam mempersiapkan kebutuhan yang inti untuk menghadapi masa depan.’’disinilah
nantinya akan lenyap kekhawatiran para orang tua yang menghawatirkan akan
perkembangan pengetahuan anaknya terhadap zaman menjadi kelegaan,karena anak
mereka yang tinggal di pesantren kini tidak hanya akan menguasai ilmu-ilmu
agama tapi juga ilmu-ilmu umum.
No comments:
Post a Comment