Wednesday, September 25, 2013

TIPE POLA PIKIR

Aku adalah kamu, inilah pola pikir yang saya terapkan dalam menjalani kehidupan saya berinteraksi dengan orang lain, apa maksud “aku adalah kamu” ..? saya mirip dengan kamu . .begitu .! .enggak. .maksudnya pole pikir saya mencerminkan pola pikir anda, bentuk tingkah laku saya kepada anda adalah tingkah laku yang anda kepada saya, itu pola pikir saya, .apakah anda juga begitu, ? pernahkah anda bertanya tingkah laku atau sifat anda kepada teman anda, pasti jawaban teman anda, anda adalah sesorang yang cakep, baik, ramah, segalanya dah buat anda, apakah ini sifat anda sebenarnya. .?..sekarang saya tanya kepada anda, pernahkah anda tanya sifat anda kepada musuh anda. . ?, bagaimanakah jawabnya jika anda bertanya kepada musuh anda, apakah jawabannya sama dengan musuh anda . .mungkinkah anda dipuji-puji seperti teman anda tadi, .ataukah anda akan dicemooh olehnya, .pola pikir seperti ini pasti diterapkan oleh setiap orang, meskipun ada sebagian orang mengatakan seorang ulama’ adalah orang yang baik, tapi ada sebagian mengatakan buruk, itulah hakikat manusia, nggak ada yang sempurna, .inilah pola pikir orang yang telah saya teladani, dan pola pikir separti inilah yang sering dipakai oleh masyarakat disekitar kita, “awakmu apik, aku apik . .awak elek, aku yo elek” . . apakah seperti ini juga bisa dikatakan sebuah keegoisme an, . .?.
Aku adalah aku, kamu adalah kamu .inilah yang disebut egoisme, pola pikir seperti ini sering kita temui ketika kita tidak mengenal orang lain, atau kenal tapi hanya sekedar mengenal dia dari segi fisik mereka, apakah anda berpola pikir seperti ini?, banyak beberapa masyarakat disekitar kita berpola pikir seperti ini, yang berpegang teguh pada Ayat Allah, “lanna a’maluna wa lakum a’malukum”. Biasanya orang yang seperti ini bersifat cuek, acuh tak acuh, nggak perduli orang lain, hanya memikirkan diri sendiri, dia tidak merasa bahwa interaksi dengan orang lain sangatlah penting, berinteraksi dengan orang lain saat dia membutuhkan saja dan tak perduli saat dia dibutuhkan orang lain, . apakah anda tipe orang seperti ini . . .?.
Anda pernah tahu ajaran kristiani, “serahkan pipi kirimu saat orang lain memukul pipi kananmu”, yang  ditafsirkan “janganlah kamu membalas sebuah kejahatan dengan sebuah kejahatan”. Ajaran nabi isa as yang mengajarkan larangan untuk membalas pembuatan buruk orang lain.
Dari tipe-tipe pola pikir diatas, manakah yang lebih condong pada diri anda, jangan hanya hidup seperti daun yang hanyut terbawa arus air mengalir, carilah tipe manakah anda, intropeksi diri, jadilah tipe mana yang anda mau, rubahlah kehidupan anda menjadi lebih hebat dengan memilih tipe pola pikir kehidupan anda. .!

Pesan dari “KARL MARK” seorang sosiolog, ekonom, dan politik mengatakan, “tekankan aksi dari pada diskusi, revolusi dari pada kontemplasi, gerakan nyata dari pada mengumbar kata-kata”, berkata untuk menekankan revolusi dari pada kontemplasi,  dari pada anda merenungkan sesuatu yang tidak jelas lebih baik merevolusi pola pikir anda, karena suatu awal dari kesuksesan berawal dari sebuah pola pikir yang tepat.05.09.13.ganesa.rsp

No comments:

Post a Comment